Nowadays. #1

Assalamu’alaikum.

Long time no see you guys. Gue gak ngerti sebenernya kenapa jari – jari tangan gue mengetikkan semua ini di blog dan menyuruh untuk nge-post. Gue gak ada maksud buruk untuk siapapun itu. Gak ada sama sekali. Jujur aja ini tulisan bener – bener mengikuti apa yang gue rasakan sekarang ini. Perasaan yang sangat menyiksa gue dan gak bisa gue pendam lama – lama karena akan membuat gue dan membuat beberapa orang merasa sakit, teriris sekaligus ingin menitihkan air mata kekesalan. Oke. Ini berlebihan bukan? Memang seperti itu nyatanya.

Sebelumnya, gue tau, gue cuma anak 16 tahun yang gak ngerti apa – apa. So, lu mau lanjut baca atau berhenti disini atau gimana terserah. I don’t care. Ini opini gue. Kalian mau terima atau gak, gue hargai. Semoga bermanfaat.

Sebetulnya ini ‘lagu’ lama. Yang makin kesini makin gak terdengar bagus, gak terdengar pula melodinya. Bisa dikata udah persis ‘radio bodol’. Kemresek doang. 

Kita sama – sama tau. Kita sama – sama ngerti apa yang sedang terjadi belakangan ini di Indonesia. Dan lu kayak yang ngerasa capek gitu gak sih?  Capek menghadapi semua yang sedang terjadi. Kalo lu belum merasakan apa yang gue rasakan, gue jelasin.

Gue gak ngerti juga sebenernya harus mulai ngejelasin darimana jadi maaf kalau ada yang ngelompat lompat gitu. Gue harap kalian yang baca ini bisa ngerti apa yang gue maksud. Pemerintahan. Gunanya apasih? Sederhananya ajalah ya untuk mengatur sebuah wilayah. Lalu ada siapa aja? Di tanah air kita ini yang paling tinggi itu Presiden RI, terus ada Gubernur, Walikota/Bupati, Camat, Lurah, RW, RT, dan gak cuma itu. Masih ada DPR, MPR, DPRD, MA, MK, dsb ya pokoknya yang ada di matpel PPKn. Itu semua ‘dulunya’ ada untuk kepentingan rakyat. Dan ya, benar, ‘dulu’ memang seperti itu. Meski gue yakin juga gak sepenuhnya tapi paling gak masih mikir rakyat. Kalian pasti udah lihat yang sekarang kan? Kayak apa coba? Rumit juga kalau dijelasin.

Pertama. Tahun lalu gue pernah ngetweet soal yang banyak buruh dateng dari Tiongkok gitu. Itu karena gue kesel kenapa datengin banyak buruh dari luar tapi malah buruh yang dari dalam di-PHK? Apa yang ada di pikirannya gitu lho? Udah jelas ini gak mikir rakyat. Mikirnya cuma kepentingannya sendiri. Jelas itu bakal nambah pengangguran. Rakyat mau sejahtera darimana? Yang ada tambah sengsara iya. Dan sekarang Tiongkok itu malah kayak dikasi kebebasan gitu di Indonesia. Terus kenapa? Kenapa? You know what i mean. Gue tau kalian lebih pintar dari gue.

Kedua. Gue masih lihat banyak rakyat Indonesia yang belum sejahtera hidupnya. Lagi – lagi semua ini harus dikaitkan dengan lingkungan, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Dari sudut pandang ekonomi, jelas banget masih banyak rakyat yang gak mampu dan gak seberuntung kalian. Bahkan untuk makan aja mereka harus kerja siang malam apalagi kerjaannya kayak yang serabutan gitu. Mereka kerja untuk cari makan hari ini. Besok mereka kerja lagi untuk makan esok. Begitu seterusnya. Bener – bener yang kayak ‘gue harus kerja biar gue bisa kasih makan anak istri gue hari ini’. Nabung? Jangan ditanya. Duit siapa? Makan bae susah. Ngaruhnya sih ke pendidikan. Contohnya aja banyak kok anak putus sekolah karena ekonomi keluarganya. Padahal mereka bener – bener ingin mencapai cita – citanya. Tapi gak jarang juga sih mereka yang berkeinginan kuat itu rela kerja agar mereka masih bisa sekolah. Padahal gak seharusnya mereka kerja. Sebuah kelangkaan. Mengingat banyak anak putus sekolah gak tau diriーKayak yang ikut anak item item a.k.a punk gak jelasー yang emang malas untuk sekolah dan malah nyusahin orang tua, nyusahin dirinya sendiri juga padahal, belum sadar aja dia. Prihatin lihat yang beginian. Belum lagi gue sering menemui orang – orang yangーudahlah gue gak bisa jelasin secara detail gimana gimananyaー secara fisik udah lansia dan masih harus berusaha menghidupi dirinya sendiri. Padahal harusnya para lansia itu bisa menikmati masa tuanya dengan tentram. Lihat itu rasanya kayak dada lu dibekap sampai gak bisa napas. Menyiksa. Sesaknya melebihi lihat doi dekat sama cewek lain. Pada nyatanya gimana? Nyatanya segelintir masalah itu gak teratasi sama sekali. Lalu kerja para pemimpin selama ini itu apa? Blusukan kesana kemari dapat apa? Gak lihat yang begituan ya? Lagi – lagi yang jelas banget itu malah sibuk mikirin kelangsungan dirinya sendiri biar masih ada di jabatan yang udah enak itu. Dan yang paling bikin rakyat malu adalah para pemimpinnya itu udah jelas salah tapi gak mau ngaku. Rakyat cuma bisa bilang, ‘poor me!’. Dan semua itu gak ada ngaruhnya sama sekali. Demo segede gaban segede apapun yang penting mah jabatannya kagak lengser ye kan. Mikir diri sendiri aja terus. Terus uang untuk mensejahterakan rakyat dikemanain sih? Masuk kantung doraemon ya? Atau kantung semar? Terus tiba – tiba ilang. Ah ngaco lu ah. Lucu banget lawaqan lu Hhh. Saking lucunya gue gak bisa ketawa nih. 

Lucunya lagi nih ya. DPR itu kan wakil rakyat ya. Mana pernah dengerin suara rakyat kecil. Yang ada mah cuma mikir kepentingan diri sendiri juga. Udahlah aing mah udah lelah dengan semua ini.

Ketiga. Agama dan politik. Dua hal yang memang harus dan saling terikat. Gak cuma politik sih. Semua aspek kehidupan juga udah diatur dalam agama. Kalau nurut dan ngikutin ajaran agama dijamin pasti bener dah. Kagak mlenceng kemana mana. Sayangnya, para pejabat ini ada yang gak mau nurutin. Alhasil, i think, hati mereka udah ketutup. Semoga dibukakan lagi aja deh dan diberi hidayah oleh ALLAH SWT. agar selalu berada di jalan yang lurus, benar dan diridhoi oleh ALLAH SWT. Aamiin. 

Lalu apasih yang bisa kita lakukan? Sejauh ini gue juga gak bisa melakukan apa – apa selain terus belajar agar menjadi orang yang berilmu, mendoakan kebaikan tentang tanah air ini, mendoakan para pemimpin agar hatinya selalu dibersihkan, dan kalau kalian bisa nolongin atau sedekah sama orang yang kurang mampu gitu why not? Just do it. InsyaAllah bakal berkah dan bisa membantu mereka itu. Selain itu kalian juga bisa dengan selalu mendukung, mencintai dan membeli produk dalam negeri. Gue yakin itu banyak membantu. Jangan biarkan para orang serakah dan gak tau diri mempengaruhi dirimu. Kuatkan imanmu!

Mungkin segini dulu yang bisa gue tulis. Thanks udah mau baca. Dan gue tau masih banyak kekurangan. Mungkin lain kali akan lagi, tapi semoga semua hal yang belum baik pada tulisan kali ini dapat berubah menjadi kebaikan suatu saat nanti, saat yang sudah ditetapkan-Nya. Yang merasa ya gue harap bisa berubah jadi lebih baik. Saling mengingatkan gak ada salahnya bukan?

A girl,

16 years old.

Wassalamu’alaikum. 

#BookReview | The Architecture of Love by Ika Natassa

Assalamu’alaikum.

Lama gak update, muncul dengan bahasan baru! Post terakhir tanggal 1 Januari 2015 (yang udah gue Trash, wkwk), besok udah 1 Januari 2017, it means udah 2 years ago. Waktu emang berlalu dengan cepat.

Well, sebelumnya gue mau sedikit cerita ‘alasan’ gue suka buku dan menulis, literally. Gue suka buku sejak SMP, sejak gue kenal Ratu Vienny Fitrilya si Gadis Artistik sekaligus Kapten K3 per-1 Desember 2016 kemarin. Gue sempet kayak gue gak ngerti lagi kesukaan gue itu apa atau hal yang paling gue sukai itu apa atau kegiatan yang gue sukai itu apa, gue sempet kayak gitu. Gue coba untuk mengerti apa yang oshi gue sukaiーMembaca, Menulis, Menggambar, Musikー dan yang gak gue kira sebelumnya, ternyata gue juga suka baca dan nulis. Itu yang gak gue tau selama ini. Sebagian selera kita agak beda, tapi banyak juga kok rekomendasi dari Kapten K3 itu yang gue suka, caranya menyampaikan seni itu buat gue jadi makin suka sama seni dan mulai mengasah bakat seni yang sejujurnya memang ada di setiap manusia, lo juga punya seni kok, tinggal seberapa tajam lo tertarik dan mengasahnya.

“Buuu, akhirnya anakmu ini punya darah seni yang engkau turunkan!”, di balik kalimat itu, sebenarnya ibu selalu berkata, “Kamu ini gak punya seni sama sekali!”. Kenapa? Karena seni kita berbeda. Kenapa? Ya beda. Ibu lebih ke-keterampilan atau kerajinan atau desain gitu tapi kalo gue lebih pakai perasaanーlo boleh bilang kalau gue baperanー. Nih ya gue gak sabaran gitu kalo suruh ngerjain suatu hal, at least, bikin parsel lamaran atau ngebentuk adonan kue atau merajut. Gue gak sabaran banget, gue lemah kalo disuruh begituan. Jadi sih jadi ya, cuman, berantakan gak ketulungan.

Weits! Kepanjangan gue ceritanya? Gak kan? Lanjut ke bakat menulis gue. Udah gue akui tadi kalau gue baperan, you know, menulis itu butuh baper. Dan kalau gue udah baper gue susah cerita atau setidaknya ngomong gitu ke orang lain. Biasanya gue tulis di Note handphone atau bahkan di halaman paling belakang buku pelajaran biar gak lupa, semenit aja gak gue tulis tuh pikiran bisa terbang terbawa angin sampai Hokkaido, mungkin. Gue tau. Tulisan gue gak sebagus Aan Mansyur, atau selucu Bang Radit, atau sebaper novel Sunshine Becomes You. Gue nulis cuma buat mengungkapkan apa yang gue pikirin, apa yang gue denger, apa yang gue rasain, apa yang ada di sekitar gue, apa yang terjadi, dan banyak inspirasi menulis yang bisa gue dapetin dari mana pun asalnya. Soal orang lain suka atau gak, gak terlalu gue pikir. Bukan berarti gue gak terima masukan atau kritik dari kalian, gue selalu pikirin itu. Gimana biar kalian gak bosen dengan apa yang gue tulis. Gue lebih suka nulis, sejenis, apa ya, kayak puisi tapi gue merasa agak gak pantes kalau disebut puisi, gue lebih suka tulisan gue itu cukup disebut ‘tulisan’ aja cukup, udah. Tapi suka – suka lo deh mau nyebutnya apa. Terima aja, pasrah. Labil? Gue tau itu. Hahaha.

Balik ke bahasan hari ini. #BookReview pertama dari gue di penghujung 2016 ini. Buku karya Ika Natassa yang berhasil ditulis dengan bantuan sosial media Twitter melalui #PollStory nya setiap Selasa dan Kamis kalau gak salah, hehe. Berhasil diterbitkan sekitar Bulan Juni 2016. Gue yang emang hiperaktif di Twitter gak akan kasih celah sedikitpun untuk gue untuk gak stalking akun si Gadis Artistik tiap hari. Mulai dari men-scroll kicauannya, liat – liat fotonya, dan yang pasti gue liat juga ‘Following’nya. Dan dari akun – akun yang difollownya itu gue bisa tau tante Ika Natassa, si penulis Bestseller A Very Yuppy Wedding, Divortiare, Twivortiare, Antologi Rasa dan Critical Eleven yang denger – denger kalau gak salah gak lama lagi bakal dibikin filmnya. Kenapa gue sebut tante? Cocok aja. Dan! Kemarin lusa gue sempet mampir toko buku setelah sekian lamanya terus nemu bukunya ‘The Architecture of Love’. Sebelumnya lihat di Twitter cuma kayak, “Alah, paling juga kagak lo beli, Al” gitu kan. Salah besar guys! Gue memberanikan diri untuk beli bukunya karena dilihat dari sinopsisnya bikin gue penasaran. Buku pertama dari Ika Natassa yang gue beli. Excited banget selepas dari kasir pengen cepet – cepet gue baca. Gue tau gue ‘sedikit’ alay.

So far, TAOL adalah buku paling bagus yang pernah gue baca. Gue keluar dari zona nyaman, dengan genre yang beda dari genre buku yang gue baca biasanya, tapi sangat memuaskan hati dan gue belum pernah merasa sebaik ini. Berlatarbelakang NY dan IDN, tatanan kata yang dipilih, alur cerita, watak tokoh dsb menjadikan novel ini sangat recommend untuk dibaca.

Berawal dari kedatangan seorang penulis yang sengaja menjadikan NY sebagai pelariannya karena sejak kejadian beberapa tahun yang lalu membuatnya kesulitan memunculkan ide menulis dan kehilangan muse-nya. Tinggal bersama sahabatnya, Erin, yang memang bekerja disana. Gak sengaja ketemu seorang arsitek yang ternyata Abang dari teman yang bernama Aga di salah satu ruangan di NYE party 31 Desember waktu itu. River namanya, Si Bapak Sungai yang sengaja datang ke NY untuk mengalahkan suara – suara yang selalu datang dengan bisingnya NY pagi, siang, sore hingga tengah malam. Hingga hampir tiap hari si penulis,Raia, dan River selalu jalan bareng keliling sekitaran NY menceritakan beberapa hal. Dan ada kejadian yang gak bisa gue omongin di sini ketika merekaーRaia, River, Erin, Aga dan Teddyー liburan bersama. Lo harus banget baca sendiri novelnya biar ngerti apa yang gue maksud. Dan meski begitu gue suka bagian itu, bagian yang sangat jujur, bagian yang sedikit mengurangi rasa penasaran Raia kepada River. Sejak sering bareng terus, Raia akhirnya bisa nulis lagi dengan River yang tetap terus menggambar berbagai objek yang sudah tak terhitung jumlahnya. Dibandingkan tulisan Raia yang baru selesai 2 kalimat pembuka. Hingga pada akhirnya River harus kembali ke Indonesia dan Raia merasa kehilangan sejak saat itu. Ia terus menulis dan menulis hingga berhasil menyelesaikan kumpulan cerpen dan cerpen terakhirnya. Tak hanya berhasil ditulis, bukunya itu akan segera diterbitkan. Jika ya, maka ya. Begitu juga malam ini. Malam yang ditunggu River untuk sebuah jawaban apakah benar anak dari teman Ibunya itu masih kerabat dengan Raia. Sebenarnya bukan itu, melainkan River rindu pada Raia, rindu segalanya yang ada pada diri Raia. Dia benar – benar melihat Raia (lagi). Memberitahu Raia bahwa ia akan ke Australia keesokkan harinya membuat Raia terlihat gak cukup baik setelah pertemuan ini. Di situ pula River berjanji bahwa ia akan kembali setelahnya dan Raia hanya mengangguk. Sesuatu yang Raia rindukan namun harus lagi menghilang. Raia menjadi sangat sibuk, harus menandatangani 1000 eksemplar buku PreOrdernya dan yang terakhir di acara launching buku terbarunya ia kembali mengenali suara itu namun dengan kaus kaki yang sudah tidak hijau lagi. Suara dan senyum yang dirindukan. Kembali bertemu. Mengakui bahwa mereka merasakan hal yang sama.

Yups! Kira – kira gitulah ya ceritanya. Banyak kejadian yang bikin penasaran dan tak terduga. Cover TAOL juga bagus tau! Ini salah satu daya tarik yang bikin gue jatuh sama buku ini. Gak terlalu tebal juga bukunya jadi sebenernya sabi sih kalau habis dibaca seharian. Seru pokoknya. Ikut kebawa suasana, tuh kan baper hehe. Selain itu, setiap percakapan pasti ada pakai Bahasa Inggris-nya. Iyalah, Al, kan latar belakangnya juga NY. Itu yang gue suka juga, itung – itung sambil belajar Bahasa Inggris ya kan. Sebenernya gue pengen baca novel yang pure English gitu, tapi waktu gue cari di Bookstore waktu itu kok gak nemu ya? Pengen banget. Ini bukan kode ya wkwk. Eh, dianggap kode juga gakpapa deh, ikhlas gue mah. Pokoknya novel ini harus banget lo baca ya. Bagus banget. Sayang untuk dilewatkan nih. Cuslah yang belum baca segera baca. Biar bisa masuk ke kehidupan Bapak Sungai dan Ibu Hari Raya.

img_20161230_154836_399
Ini dia penampakan bukunya!

Well, itulah #BookReview gue kali ini. Gue tau mungkin ini belum pantes dianggap Book Review sepenuhnya, tapi gue udah berusaha dengan keras untuk menulis ini. Gue harap kalian ada kritik dan saran gitu buat gue kedepannya, khususnya untuk Book Review kali ini. Agar supaya gue bisa lebih baik di BR selanjutnya.

Ohya, soal Channel Youtube gue kenapa belum upload lagi? Itu karena gue lagi gak tau mau bahas apa atau melakukan challenge apa atau ngevlog gitu. Kalo ngevlog mah ada banyak bahan, cuma ya gitu, gue belum siap dianggap gila karena ngomong depan kamera di khalayak ramai. Busetdah bahasa gue, apaan banget ya. InsyaAllah deh bakal upload lagi secepatnya, kalo ada saran gue ngapain gitu bisa kok. Bilang aja di comment. Gue terima semuanya, asal masuk akal dan gak dilarang agama Islam maupun UUD 1945 yang sudah diAmandemen ya! Haha.

Terimakasih tante Ika Natassa. Tentang Bapak Sungai dan Ibu Hari Raya, terimakasih telah mengajari banyak hal. Bahwa untuk memulai sesuatu yang baru itu gak harus nunggu NYE terus besoknya udah ganti tahun baru bisa mulai yang baru itu. Kita bisa mulai sesuatu yang baru itu tanpa harus menunggu NYE. Sesuatu yang baru itu bisa kita mulai kapanpun kita mau. So, just do it! And don’t worry ’bout it! Trust urself.

See you on next #BookReview someday! Jangan lupa comment!